Finansial Dalam Penerapannya Pada Bidang Ekonomi

finansial-dalam-penerapannya-pada-bidang-ekonomiMendengar kata finansial, walaupun banyak orang kurang mengerti namun sudah bisa ditebak jika hal itu membicarakan seputar uang. Bagi orang yang sudah tahu tetang bidang ekonomi maka sudah jelas finansial sering diartikan dengan keuangan. Apakah Anda tahu jika finansial sudah masuk dalam bidang ekonomi maka pengertiannya tidak lagi sempit namun sudah luas. Berikut penjelasannya.

Pengertian Finansial mencakup beberapa aspek seperti halnya :

  • Ilmu Keuangan beserta aset yang lain
  • Manajemen / pengelolaan aset itu
  • Bagaimana cara perhitungan serta pengaturan resiko sebuah proyek, dll

Dari paparan beberapa aspek di atas, finansial dapat diartikan sebagai :

Sebuah cara untuk mempelajari kapasitas per personal, organisasi dan bisnis dalam bidang pengelolaan, peningkatan, pengalokasian, sekaligus penggunaan sumber daya moneter yang seiring dengan waktu, perhitungan resiko hingga penentuan prospek.

Sebuah sistem administrasi yang mengatur secara detail semua urusan keluar masuk keuangan sebuah perusahaan / lembaga / instansi. Finansial yang baik sangat ditentukan oleh sistem manajemen yang teratur, baik, serta memiliki nilai yang dapat dipertanggung jawabkan kepada semua pihak yang berkompeten.

Secara ringkas dapat dikatakan bahwa pengertian finansial dalam bidang ekonomi adalah segala aspek yang berhubungan dengan uang, baik yang meliputi perputaran uang tersebut maupun sistem pengelolaannya.

Perkembangan Finansial

Dalam perkembangan lebih lanjut dewasa ini, ternyata penerapan kata finansial makin berkembang seiring penggunaan yang makin komplek dalam bidang ekonomi. Sebut saja seperti penggunaannya pada kata :

Krisis finansial

Dalam hal ini krisis finansial adalah sebuah penggambaran bermacam macam situasi dimana sebagian besar aset keuangan mengalami kerugian sebagian besar dari nilai yang dikandungnya. Krisis finansial pada umumnya diterapkan pada kehancuran sistem ekonomi di bidang krisis mata uang, bursa efek, termasuk juga timbulnya kepanikan di bidang perbankan di masa resesi.

Manajemen Finansial

Sebuah pengelolaan semua fungsi keuangan , termasuk di dalamnya adalah cara perolehan serta penggunaan semua penghasilan dari seseorang / lembaga.

Kebebasan Finansial

Disini finansial lebih diartikan sebagai sebuah keadaan yang bebas hutang karena adanya penghasilan yang tetap ditambah tersedianya dana lebih / cadangan yang dapat digunakan pada kebutuhan yang tak dapat diduga.

Struktur Finansial

Adalah sebuah struktur / sistem dari sebuah perusahaan yang menunjukkan bagaimana cara semua kegiatan aktiva sebuah perusahaan itu dibiayai. Biasanya menyangkut berbagai sumber pembelanjaan serta adanya perimbangan yang bersifat mutlak / absolut maupun yang bersifat relatif / nisbi antara total modal asing terhadap modal sendiri, baik ditinjau dari jangka pendek maupun jangka panjang.

Audit Finansial

Sebuah langkah yang dilakukan untuk menilai tingkat efektifitas dan efisiensi terhadap jumlah produktifitas semua satuan kerja pengurus sebuah lembaga / instansi / perusahaan.

Kompensasi Finansial

Sebuah langkah balas jasa , yang bisa berupa penambahan uang atau pemberian bonus di luar total penghasilan seseorang .

Manfaat Finansial

Sebuah kondisi dimana pelaku bisnis memperoleh keuntungan yang lebih besar jika dibanding dengan resiko yang akan dihadapi dalam menjalankan bisnisnya. Saat pengkajian sebuah studi kelayakan bisnis, biasanya manfaat finansial sering dipergunakan.

Pengembangan pengertian finansial yang makin meluas pada akhirnya memberikan Anda berbagai kemudahan dalam menggambarkan fenomena, kondisi, konsep, maupun hal hal lain yang berhubungan dengan finansial.