Tips Bisnis Buat Mahasiswa

Tips Bisnis Buat MahasiswaJika anda masih Mahasiswa, boleh kan sekali-kali saya berbagi Tips Bisnis Buat Mahasiswa untuk Mahasiswa. Merupakan berita bagus bagi Indonesia melihat antusiasme yang cukup banyak dari teman-teman untuk belajar memulai usaha baru.

Ramainya kabar tentang sarjana pengangguran yang semakin membludak, membuktikan bahwa Indonesia masih memerlukan banyak wirausaha yang bisa membuka lapangan kerja. Namun, sayangnya ditengah antusiasme dari teman-teman mahasiswa untuk belajar dan mengikuti seminar Entrepreneurship, masih sedikit dari mereka yang take action.

Masih banyak juga teman-teman yang bingung memilih usaha apa yang akan mereka jalani. Beberapa tips membuka usaha baru untuk Mahasiswa berikut ini semoga bisa bermanfaat untuk teman-teman yang mungkin masih belumtake action.

Tips membuka usaha baru untuk Mahasiswa:

Masalah adalah peluang. Jika mindset entrepreneur sudah dimiliki oleh teman-teman, tentu akan semakin mudah untuk melakukan hal ini. Banyak sekali sebenarnya masalah yang ada disekeliling kita, atau bahkan kita sendiri yang mengalaminya. Contohnya seperti susahnya mencari barang tertentu, seringnya kehabisan makanan ditempat makan favorit kita, atau mungkin ada barang yang kita miliki yang mudah rusak. Itu semua bisa menjadi peluang jika kita melihat dari kacamata yang berbeda.

Setiap ada peluang, sikat! Nah, setelah kita menemukan banyak peluang, agar tidak terus-terusan bingung memilih, langsung aja sikat! Ini agar kita segera melakukan take action. Tak peduli kita nanti akan menjalankan beberapa usaha sekaligus. Lama-kelamaan nanti, setelah kita memulai, kita akan menemukan feel dimana usaha yang paling membahagiakan/paling bermanfaat/paling menyenangkan. Kemudian, baru kita fokus ke usaha tersebut.

Tinggalkan kenyamanan. Ini adalah tips membuka usaha baru untuk Mahasiswa yang selanjutnya perlu untuk kita lakukan. Konsisten, Persisten, dan Komitmen. Mumpung masih berstatus Mahasiswa, kita masih mempunyai dukungan yang maksimal. Baik dari kampus, komunitas, teman, mentor, dll. Bahkan, kita juga tidak perlu malu jika usahanya memang masih kecil. Namanya juga mahasiswa, suatu kebanggan bisa memulai usaha, daripada yang hanya bersenang-senang sambil menengadahkan tangan tiap bulan ke orang tua.

Bergabung dengan komunitas. Ikut Komunitas merupakan suatu kewajiban bagi seseorang yang memiliki kegemaran atau ingin mengembangkan kemampuannya. Begitu juga dengan usaha/bisnis. Dalam komunitas, kita akan menemukan orang-orang yang se hobi dengan kita. Jika masih pemula, ga perlu minder. Saya pun juga begitu, meski usaha masih kecil tapi tetap harus optimis dan percaya diri saat bertemu dengan orang-orang yang sudah sukses.

Mungkin itu beberapa tips membuka usaha baru untuk Mahasiswa yang bisa saya share sementara ini. Insya Allah di postingan selanjutnya akan saya bahas lebih detail lagi. Dan semoga silaturahmi diantara kita tetap terjaga