Tips Bisnis Sembako

Bisnis sembakoBisnis sembako termasuk bisnis yang nggak ada matinya juga selain bisnis pakaian. Ini disebabkan karena sembako merupakan kebutuhan primer manusia. Maka dari itu pelakunya pun banyak. Untuk itu jika Anda menjalankan bisnis sembako ini, Anda harus lebih aktif dan kreatif dalam menjalankan usaha. Aktif dalam arti Anda harus berusaha untuk membuat banyak orang tahu tentang usaha Anda. Disamping itu Anda juga harus kreatif dalam melakukan promosi ke calon pembeli. Berikut saya berikan tips agar usaha sembako Anda bisa lebih sukses :

1. Pelayanan yang memuaskan.
Pelayanan yang membuat pembeli puas adalah kunci utama. Ini dikarenakan produk yang Anda jual tidak memiliki keunikan. Hanya dengan memberikan pelayanan yang baik dan berkesan, maka pembeli yang sudah pernah datang akan mau kembali lagi dan mengabarkannya kepada orang lain agar membeli di toko Anda. Survei menunjukkan bahwa pelayanan yang baik mampu meningkatkan angka penjualan. Selain itu juga bisa menciptakan pelanggan yang loyal.

2. Selalu memperhatikan harga jual.
Dalam menjalankan bisnis sembako, Anda harus jeli dalam menentukan harga. Jangan sampai harga jual barang di toko Anda lebih mahal dibanding toko lain. Untuk barang yang paling diminati dan penjualnnya relatif cepat, sebaiknya berikan harga yang sama dengan toko lain atau jika bisa lebih murah. Ingat ! pembeli akan sangat hafal dengan harga barang yang biasa dibeli. Buatlah persepsi di benak pembeli bahwa harga barang di toko Anda tidak mahal. Toko yang sudah dipersepsikan mahal biasanya tidak akan didatangi oleh pembeli. Intinya jangan pernah membuat pembeli merasa kecewa karena harga jual barang Anda tidak wajar.

3. Membuat komunikasi dan promosi.
Buatlah komunikasi sederhana di dalam toko. Anda dapat menuliskan harga jual barang dalam selembar kertas dengan warna yang menarik. Jika yakin harga jual lebih murah dibanding kompetitor. Anda juga bisa membuat spanduk dengan tulisan “SEMBAKO MURAH TIAP HARI”. Bagaimanapun juga (secara psikologis) tulisan MURAH akan lebih mendorong calon pembeli untuk masuk ke toko Anda. Pada waktu-waktu tertentu, buatlah promosi yang menarik untuk pembeli. Misalnya : “Dapatkan 1 bungkus mie instan dengan membeli 10 kg beras” atau “Kumpulkan 5 nota pembelian dengan total Rp. 200 rb dan dapatkan 1 kg gula pasir”. Tentu saja dalam mebuat program promosi tersebut, Anda harus melakukan perhitungan yang matang agar tidak sampai rugi Trik Sukses Bisnis Sembako
sembako1 150×150 Trik Sukses Bisnis Sembako

4. Memberikan jasa pengiriman gratis.
Jika pembeli berbelanja dalam jumlah yang cukup besar, Anda bisa memberikan bonus jasa pengiriman barang gratis sampai ke rumah. Biasanya pembeli merasa senang jika mereka dibantu dan diperhatikan.

Sekian tips yang bisa saya bagikan, bila ada yang mau menambahkan, silakan menuju kotak komentar Trik Sukses Bisnis Sembako Salam sukses.